Minggu, Februari 23, 2020

Miliki Bisnis Yang Profesional Dengan Email Domain

Photo by Bundo Kim on Unsplash
Saling bertukar kabar dengan orang yang dikenal. Berkirim dan menerima pesan untuk mengetahui perkembangan diri, situasi yang sedang terjadi atau melepas rindu di hati. Menulisnya dengan sangat teliti, mengabari seseorang yang jauh di sana, tidak sempat atau terlalu jauh jarak untuk ditempuh. Maka pesan akan mewakili setiap kata yang ingin diucap.

Berjalan menuju kantor pos terdekat dan tidak lupa pula menempelkan perangko di sudut surat. Berisi segala kepentingan, yang diharapkan sampai ke tujuan dan diterima oleh penerima yang dimaksudkan. Butuh kehati-hatian ketika menulis alamat, harus pasti tidak boleh sedikitpun ada kesalahan. Nama, kecamatan, kabupaten, provinsi, harus jelas juga tepat.

Seringnya yang terjadi, jika penerima berpindah alamat dan pengirim tidak mengetahui hal tersebut maka surat akan dikembalikan. Atau salah menuliskan, maka orang yang menerima bisa lain pula. Belum lagi ketika proses pengiriman, surat bisa basah terkena hujan bahkan hilang tidak tahu kemana. Padahal setiap isinya ada hal penting untuk disampaikan.

Biaya yang dikenai cukup banyak. Membeli kertas dan alat tulis untuk menuliskan isi surat, menyediakan amplop sebagai pembungkusnya, juga perangko yang harus disertakan serta lampiran-lampiran yang lain. Mengirimkannya harus mencari kotak pos terdekat, jika tidak ada maka harus menempuh perjalanan untuk ke kantor pos, yang kurang efisien dalam segi waktu.

Memang hingga kini, peran surat sangatlah penting. Dokumen-dokumen butuh untuk diperiksa secara langsung, terutama yang memiliki badan hokum, maka harus ada cetakan resmi sebagai sebuah bukti. Namun, seiring perubahan zaman banyak kesulitan yang dapat diminimalisir bahkan kemudahan yang yang sangat menguntungkan.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Pentingnya Penggunaan E-Mail Bisnis

Kini, mengirim surat tidak perlu menggunakan proses yang panjang juga merumitkan. Adanya jaringan internet merupakan jalan yang lapang untuk melakukan segala transaksi dengan cepat. Dengan sebuah surat elektronik biasa disingkat menjadi Surel atau sering disebut E-Mail. Merupakan kepanjangan dari Electronic Mail.

Awalnya mengirim surat akan menjadi hal yang melelahkan. Segala kesulitan banyak dihadapi oleh orang-orang. Nah, E-mail sangat mudah untuk digunakan. Dapat diakses kapan saja dan dimana saja, bertukar pesan menjadi lebih nyaman. Tidak perlu lagi dengan banyaknya kekhawatiran. Kenapa begitu? Karena terobosan ini bisa mencakup segala bidang.

Dengan E-Mail bukan hanya sekedar proses mengirim dan menerima pesan. Akan tetapi lebih dari itu, dengan akses internet dan komputer/laptop/smartphone, dapat mengetahui kabar terbaru dari para rekan yang tinggal di tempat yang jauh.

Dulu, jika ingin melamar pekerjaan yang berada di luar daerah tempat tinggal maka harus mengirim surat lamaran kerja melalui kantor pos. Namun, kini hal itu sudah jarang dilakukan. Justru setelah semakin berkembangnya zaman, sudah semakin canggih peralatan. Banyak perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, menganjurkan kepada calon karyawan untuk mengirim berkas data diri hanya melalui E-Mail.

Oleh sebab itu para calon karyawan tidak perlu khawatir apakah surat tersebut sampai atau tidak. Karena sudah pasti alamat E-Mail akan langsung ditujukan kepada HRD, maka dapat langsung diperiksa oleh pihak yang bersangkutan. Keamanan data dan kerapihannya terjaga, tidak perlu waktu lama untuk proses pengiriman, hitungan detik sudah sampai ke tujuan.

Untuk pengumuman seleksi penerimaan calon karyawan, ketika gugur atau diterima maka pihak perusahaan juga bisa langsung menghubungi para pelamar melalui E-Mail. Sangat mudah bukan? Hal ini dapat dimanfaatkan oleh perseorangan atau perusahaan.

Dan tentu saja masih banyak lagi yang dapat diperoleh keuntungannya. Bagi para pelaku bisnis, E-Mail dapat dijadikan media promosi untuk menarik perhatian pelanggan. Pemberitahuan adanya diskon atau fitur-fitur menarik yang disediakan bisa dikirim dengan cara berkala ke E-Mail pelanggan yang setia. Dengan begitu dapat menghemat biaya promosi secara drastis, cukup mengirim pesan yang sama ke seluruh pelanggan yang telah terdaftar di data penjualan.

Dengan adanya E-Mail bisnis menjadikan perseorangan atau perusahaan akan terkesan lebih profesional. Konsumen akan lebih merasa teryakinkan, ketika melihat dan membaca sebuah profil yang menyertakan E-Mail bisnis sebagai media dalam setiap proses transaksi yang dilakukan. Nah, kini telah banyak penyedia jasa yang menyediakan pembuatan E-Mail bisnis. Salah satunya dan yang terpercaya ialah Rumah Web.

Fitur-fitur yang diberikan sangatlah beragam. Salah satunya ialah adanya Email Domain, dengan hal tersebut dapat membukan akun bisnis sesuai yang diinginkan. Baik individu atau perusahaan-perusahaan dapat menggunakan kemudahan yang telah disediakan. Meyakinkan konsumen atas produk atau jasa yang dijual adalah hal yang sangat penting.

Fasilitas Email Domain dari RumahWeb akan membantu dalam meluaskan dan memperbanyak pelanggan setia yang akan berbondong-bondong membeli produk atau jasa yang dijual. Oleh sebab itu keprofesionalitasan penting adanya dalam memperkenalkan merek yang ditawarkan, yaitu dalam bentuk E-Mail bisnis atau Email Domain. Ketika tertarik kepada sebuah produk barang atau jasa, konsumen akan mempertimbangkan banyak hal untuk melanjutkan ke tahap pembelian. Email Domain yang profesional adalah salah satunya. Maka penting adanya akun bisnis untuk dimikili seseorang atau sebuah perusahaan, baik itu usaha kecil atau besar.

sumber gambar : www.rumahweb.com
Sebelumnya
Selanjutnya

8 komentar:

  1. Aku ga nglewatin masa kirim surat pakai pos sih mba, hhee jadi ga ngrasain ribetnya. Tapi kalau tentang email setuju bangeeet, yang keren itu ada salinannya di histori jadi kan bisa dilihat lagi walau udah terkirim ya.

    BalasHapus
  2. Kangen bau kantor pos waktu mau ambil wesel 😁 dan kirim lamaran kerja

    BalasHapus
  3. Semoga lekas punya email bisnis. Aamiiin.

    BalasHapus
  4. Kalau manfaat buat blog pribadi kira-kira apa ya mbak? Jadi pengen juga sih kalau sudah punya bisnis dan punya blog TLd

    BalasHapus
    Balasan
    1. blognya jadi makin mantap mba....bisa naikin statik dan lebih profesional tentunya

      Hapus